Laman

Pages

Koneksi Internet di Indonesia Ternyata Paling Lemot di ASEAN

Kecepatan internet yang ada di negara Indonesia memang sudah terkenal lambat, sudah berulang kali pembahasan mengenai kecepatan internet di Tanah Air yang memang lemot ini terungkap. Namun ada satu fakta menarik lainnya yang cukup menarik untuk dibahas mengenai kecepatan internet bagi negara-negara yang ada di ASEAN. Koneksi di negara-negara tersebut bisa dibilang adalah negara-negara dengan koneksi internet yang buruk.
Salah satu negara di ASEAN yang terkoneksi secara global sendiri adalah Malaysia. Warga negara mereka mungkin dapat berbangga akan hal tersebut, namun
sayangnya ini bukanlah sebuah jaminan akan kecepatan internet yang mereka miliki. Karena memang itu tidak memiliki hubungan sama sekali dengan kecepatan koneksi.

Seperti sebuah survey global yang baru-baru saja dilakukan, kecepatan broadband rata-rata yang dimiliki oleh Malaysia ternyata lebih lamban dibandingkan dengan Vietnam dan Kamboja. Di wilayah ASEAN, Malaysia hanya menang satu peringkat di atas Myanmar.
Dilansir The Star via Republika, baru-baru ini kecepatan internet Malaysia hampir tiga kali lebih lambat dibanding Vietnam. Kecepatan broadband di Malaysia hanya 5,48 Megabits per detik (Mbps) menduduki peringkat rendah 126 dari 192 negara yang disurvei dari Mei 2013 sampai April 2014, dalam Net Index. Spot nomor satu diduduki Hong Kong dengan kecepatan 78,3 Mbps. Singapura melesat ke urutan kedua dengan 66,6 Mbps, sementara Korea Selatan menduduki peringkat keempat (53.77Mbps).

NKRI sendiri ternyata sangat tragis dalam kedudukan kecepatan internet di ASEAN. Myanmar dan Laos yang memiliki kecepatan lamban yaitu 4,3 Mbps masih lebih cepat jika dibandingkan dengan Indonesia. Padahal jika dilihat dari segi ekonomi, kedua negara tersebut tertinggal dari Indonesia untuk kawasan Asia Tenggara. Indonesia sendiri hanya memiliki kemenangan dari Filipina saja, yang sejatinya hanya memiliki kecepatan 3,5 Mbps.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar